Bimbingan dan Konseling

Mahasiswa memasuki perguruan tinggi dengan tujuan mengembangkan diri dengan fokus mencapai kesuksesan tertentu. Kesuksesan mahasiswa ini dapat diindentifikasi menjadi tiga sisi kesuksesan yaitu kesuksesan akademik, kesuksesan perencaan karir dan kesuksesan sosial kemasyarakatan. Ketiga sukses ini populer dengan sebutan TRI SUKSES.

Kesuksesan akademik mengaju kepada keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahannya sejak semester pertama sampai mahasiswa diwisuda. Hal ini dapat diidentifikasi melalui capaian indeks prestasi (IP) baik semesteran maupun kumulatif (IPK). Kesuksesan akademik ditandai dengan singkatnya masa studi yang ditunjang oleh kemampuan belajar mahasiswa.

Kesuksesan perencanaan karir mengacu kepada kesiapan memasuki dunia kerja dan selang waktu menunggu pekerjaan sesuai dengan bidangnya. Untuk memasuki bidang karir,  mahasiswa harus dipersiapkan karena masa sekarang persaingan memasuki dunia kerja sangat ketat dan sangan kompetitif.

Kesuksesan sosial kemasyarakatan dimaksudkan membantu mahasiswa dalam dalam memecahkan dan mengatasi kesulitan - kesulitan yang berkaitan dengan masalah sosial sehingga tercipta suasana belajar yang kondusif. Selain itu bimbingan sosial ini dimksudkan agar mahasiswa dapat melakukan penyesuaian diri engan teman sebaya, kelompok baik di kampus maupun di luar kampus.

Keadaan sekarang berbeda dengan kondisi era 1970 - 1980an dimana dunia digital belum masuk dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. Apabila dibandingan dengan era sekarang, berarti bahwa semaikn banyak faktor eksternal yang dapat menpengaruhi proses pembelajaran mahasiswa.

kenyataan dilapangan menunjukan bahwa banyak hambatan pada mahasiswa dalam mencapai cita - citanya. Oleh karena itu diperlukan BK dan kelembagaanya yang membantu menyelesaikan masalah yang dialami oleh para mahasiswa.