Berita Terkini

SATU LAGI TIKET MENUJU PEKSIMINAS DIPEROLEH DALAM PEKAN SENI MAHASISWA DAERAH (PEKSIMIDA) KE - XIV PROVINSI JAWA TENGAH PADA TANGKAi SENI SUARA CABANG KERONCONG PUTRI TAHUN 2018 PADA TANGGAL 23 - 25 AGUSTUS 2018

Kontingen Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Daerah (PEKSIMIDA) Unsoed berhasil meraih  Juara 1 dalam lomba Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA) KE -  XIV Provinsi Jawa pada tangkai Seni Suara tangkai keroncong Putri . Acara yang diselenggarakan oleh Kemenristekddikti, bekerjasama dengan BPSMI  Jawa Tengah dan Univeristas Diponegoro berlangsung selama tiga  hari pada tanggal 23 – 25 Agustu 2018 di Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang.

Pada Tangkai Seni Suara jumlah peserta pertangkai lomba adalah :

  1. Pop Putra Jumlah Peserta 33
  2. Pop Putri Jumlah Peserta 50
  3. Danddut Putra Jumlah Peserta 20
  4. Dangdut Putri Jumlah Peserta 33
  5. Keroncong Putra Jumlah Peserta 14
  6. Keroncong Putri Jumlah Peserta 26

Untuk  tangkai seni suara tangkai Keroncong putri delegasi unsoed memperoleh juara 1 (satu) atas nama Betania Asih Haskarini /F1C017089, keroncong putra memperoleh juara 2 atas nama Septiawan Dwi Nugraha / H1K014032, Pop Putri juara tiga atas nama Syahnindita Amara Rizqi / C1C017041 sedangkan dangdut putra hanya memperoleh harapan 1 atas nama Imam Mukhlisin /Pertanian. Juara 1 berhak mengikuti lomba Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Nasional (PEKSIMINAS) yang rencananya akan diselenggarakan  dI Yogyakarta pada bulan Oktober 2018.

Pelaksanaan Peksimida ini bertujuan untuk meningkatkan karakter, kualitas dan kemempuan praktik mahasiswa dalam menumbuhkan apresiasi terhadap seni, baik seni suara, seni pertunjukan, penulisan sastra, seni rupa dan lainnya.

Pembekalan Calon Wisudawan Periode Juni 2018

[Kam, 28/06/18] Tak hanya mencetak para wisudawan Universitas Jenderal Soedirman juga mengantarkan mereka ke pangsa pasar lapangan pekerjaan dengan diberi pembekalan menjelang wisuda. Bertempat di Gedung Rektorat lantai 1, Selasa (26/6) berlangsung Pembekalan Calon Wisudawan Sarjana Ke-129 dan Diploma Tiga Ke-108 Universitas Jenderal Soedirman Tahun 2018. Kegiatan ini diikuti oleh 150 orang mahasiswa calon wisudawan dari berbagai fakultas.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Ir. V. Prihananto, M.Si., yang hadir membuka acara dalam sambutannya menyampaikan bahwa tugas universitas tidak hanya mencetak sarjana baru tetapi juga melengkapi lulusannya dengan kegiatan pembekalan sehingga setelah lulus siap berkompetisi di dunia kerja. Utamanya memberikan kemampuan softskill salah satunya dengan kegiatan kali ini. Wakil Rektor menyampaikan harapannya agar para sarjana baru nanti untuk tidak berorientasi hanya mencari pekerjaan namun bisa membuka lapangan pekerjaan di karena lapangan pekerjaan semakin sempit dan makin ketatnya persaingan.

Pembekalan yang pertama diisi oleh Fades Tigit Nurrokhmanm S.KM., dari Heksa Insurance Kantor Pos. Beliau membawakan membawakan materi Company Profile, Kiat Memasuki Dunia Kerja serta Pembuatan CV dan Kita Menghadapi Interview Test. Sesi kedua diisi oleh Rahmawati Wulansari M.Si., staf pengajar Fakultas Kedokteran yang membawakan materi kiat-kiat menghadapi psikotest.

Maju terus pantang mundur tak kenal menyerah!

Kemeriahan Pekan Seni Mahasiswa Universitas 2018

[unsoed.ac.id, Sel, 24/04/28] Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) kembali menggelar Pekan Seni Mahasiswa Universitas (Peksimitas) periode tahun 2018. Bertempat di Gedung Soemardjito, Senin (23/4) berlangsung pembukaan Peksimitas 2018 UNSOED. Peksimitas merupakan ajang kompetensi bagi mahasiswa khususnya di bidang seni tingkat universitas. Kegiatan ini merupakan awal seleksi untuk memilih duta UNSOED dalam langkahnya menuju Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) yang akan diselenggarakan di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Ketua Panitia penyelenggaraan Peksimitas 2018, Dr. Kartono SH, MH., menyampaikan bahwa terdapat beberapa cabang seni yang dilombakan dalam rentang penyelenggaraan 23 - 25 April 2018, di antaranya Vokal Pop, Dangdut, Keroncong, Fotografi, Desain Grafis, Komik Strip, Pembacaan Puisi, Seni Lukis, Penulisan Puisi, Penulisan Cerita Pendek dan Penulisan Lakon. “Kegiatan Peksimitas sebagai salah satu sarana untuk mempersiapkan delegasi menuju tingkat Daerah (Peksimida), yang tentunya harapan kita semua akan menjadi duta UNSOED di ajang Nasional,” ungkapnya.

Peksimitas 2018 dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni,  Dr. Ir. V. Prihananto, M.Si. Dalam sambutannya, Dr. Ir. V. Prihananto, M.Si. memberikan motivasi kepada para peserta untuk bersemangat dalam mengikuti ajang ini. “Peksimitas sebagai ajang kompetisi seni sangat penting bagi mahasiswa sebagai sarana pembibitan potensi yang nantinya dapat mengharumkan nama  UNSOED dalam kegiatan dengan level lebih besar dan bergengsi,” tambahnya. Pembukaan kegiatan ditandai dengan pemukulan drum secara simbolis oleh Wakli Rektor III UNSOED. Kemeriahan semakin bertambah dengan hadirnya Isabella Aprillia yang merupakan TOP 3 Puteri Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta 2018 dengan gelar Puteri Pariwisata. Pembukaan Peksimitas 2018 dilanjutkan dengan perlombaan yang diawali dengan kategori yang dilombakan yaitu vokal pop putra dan putri.

Maju Terus Pantang Mundur Tidak Kenal Menyerah!

Pelantikan Pengurus BEM dan UKM UNSOED 2018

[unsoed.ac.id, Sel, 06/03/18] Suatu kampus dianggap hebat, tidak hanya karena menghasilkan lulusan dan penelitian yang berkualitas semata, melainkan ketika kampus menjadi ‘tempat yang subur’  untuk mengembangkan potensi, kreativitas dan karakter yang dimiliki mahasiswa.  Mahasiswa tidak saja berproses sesuai bidang ilmunya di ruang kuliah, perpustakaan atau laboratorium semata, melainkan juga diharapkan memanfaatkan kesempatan studi di perguruan tinggi untuk mengasah minat, bakat dan nalarnya sebagai soft skill dan soft power yang menggenapkan kompetensinya sebagai seorang calon intelektual, ilmuwan, praktisi  dan profesional di bidangnya.  Hal tersebut disampaikan oleh Rektor Dr. Ir Achmad Iqbal M.Si dalam pelantikan Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Periode Tahun 2018.

Kegiatan yang bertempat di Gedung Rektorat lantai 1 UNSOED, Selasa (06/3), dihadiri pula oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Kepala Biro Akademik  dan Kemahasiswaan, dan Pembina UKM serta perwakilan dari BEM dan  26 UKM yang dilantik.

Lebih lanjut Rektor menyampaikan bahwa berkegiatan dan berorganisasi kemahasiswaan adalah salah satu upaya pengembangan diri, dan bagian dari meningkatkan kepekaan dan rasa cinta terhadap almamater, khususnya ikut serta dalam membangun budaya akademik dan harmoni sosial”, demikian ungkap Rektor. Mengakhiri sambutannya, Rektor berpesan kepada mahasiswa pertama: kembangkan potensi yang dimiliki, kedua: hadirkan semangat positif dalam berorganisasi, dan ketiga: jadilah pribadi yang berkarakter.

 Adapun yang dilantik adalah Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Kabinet ‘Api Kebaikan’, Unit Pandu Lingkungan Mahasiswa Pecinta Alam (UPL MPA), Bandung Karate Club (BKC), Paduan Suara Mahasiswa Gita Buana Soedirman (PSM GBS), Seni Islam dan Al-Qur’an (USMAN), Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT), Marching Bnad Bahana Putra Soedirman (MB BPS), UKM Prestasi, Penalaran dan Riset (UKMPR), Bulutangkis, Resimen Mahasiswa Mahadipa Batalyon 904 / Kalayudha, Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI), Student English Forum (SEF), Kerohanian Islam (UKKI), Panjat Tebing, Lembaga Pers Mahasiswa Sketsa, Persekutuan Mahasiswa Kristen Protestan (PMKP), Persatuan Pencak Silat Bela Diri Tangan Kosong Merpati Putih, Goju Ryu Karate Do Shinbukan Indonesia (PENG.GOKASI), UNSOED Football Club (UFC), UKM Katolik (UMAKA), Racana Soedirman Putra Gugus Depan Banyumas 26-1953 (PRAMUKA), Racana Soedirman Putri Gugus Depan Banyumas 26-1954 (PRAMUKA), Bola Basket, Tenis Meja, Persaudaraan bela DIri Shorinji Kempo Indonesia (KEMPO), dan FUTSAL.

Maju Terus Pantang Mundur, Tak Kenal Menyerah!

150 Mahasiswa Ikuti Pembekalan Calon Wisudawan

[unsoed.ac.id, Sel, 06/03/18] Universitas Jenderal Soedirman selain mencetak para wisudawan juga mengantarkan mereka ke pangsa pasar lapangan pekerjaan dengan diberi pembekalan menjelang wisuda. Bertempat di Graha Widyatama, Selasa (6/3) berlangsung Pembekalan Calon Wisudawan Sarjana Ke-128 dan Diploma Tiga Ke-107 Universitas Jenderal Soedirman Tahun 2018. Kegiatan ini diikuti oleh 150 orang mahasiswa calon wisudawan dari berbagai fakultas.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Ir. V. Prihananto, M.Si., yang hadir membuka acara dalam sambutannya menyampaikan bahwa tugas universitas tidak hanya menyiapkan lulusan yang mempunyai pengetahuan dan keterampilan di bidang keilmuannya, tetapi juga memberikan kemampuan softskill salah satunya dengan kegiatan kali ini. Wakil Rektor menyampaikan harapannya agar para sarjana baru nanti untuk tidak berorientasi hanya mencari pekerjaan namun bisa membuka lapangan pekerjaan karena lapangan pekerjaan semakin sempit dan makin ketatnya persaingan. “Oleh karenanya, para lulusan UNSOED harus siap menerima tantangan tersebut dengan sebisa mungkin produktif untuk menciptakan lapangan pekerjaan, atau bersiap menjadi yang terbaik dalam persaingan kerja,” beliau menambahkan.

Pembekalan yang pertama diisi oleh Kepala BNI Kantor Cabang UNSOED, Arief Nurjaman, S.IP., M.Si yang membawakan materi Company Profile, Kiat Memasuki Dunia Kerja serta Pembuatan CV dan Kiat Menghadapi Interview Test. Sesi kedua diisi oleh Rahmawati Wulansari M.Si., staf pengajar Fakultas Kedokteran yang membawakan materi kiat-kiat menghadapi psikotest.

Maju Terus Pantang Mundur, Tak Kenal Menyerah!